Cara Melamar Kerja di PT Siantar TOP, Syarat, Berkas dan Gaji

Gunawan

Cara Melamar Kerja di PT Siantar TOP

Pada tahun ini PT Siantar TOP kembali membuka lowongan kerja. Adapun dalam proses seleksinya, ada beberapa cara melamar kerja di perusahaan tersebut.

Jika kamu tertarik untuk melamar di perusahaan ini, ada beberapa syarat dan cara melamar kerja di PT Siantar TOP yang harus diikuti. Berikut adalah informasi seputar lowongan pekerjaan di PT Siantar TOP terbaru tahun 2023.

Lowongan dan Persyaratan PT Siantar TOP

Lowongan dan Persyaratan
source: infobrand.id

PT Siantar Top merupakan salah satu perusahaan di sektor makanan ringan di mana sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1972, selama berdiri fokusnya memang hanya pada industri retail makanan ringan saja.

Di bawah ini adalah beberapa posisi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh PT Siantar TOP beserta persyaratannya:

1. Creative Staff

Persyaratan:

  • Penempatan di kantor pusat Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Pria atau wanita.
  • Usia minimal 23 tahun, maksimal 28 tahun.
  • Pendidikan minimal D3 atau S1 (Jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, atau Ilmu Komunikasi)
  • Menguasai pembuatan storyboard.
  • Menguasai aplikasi design, seperti Adobe Premiere.
  • Familiar dengan media sosial (TikTok, Instagram, YouTube).
  • Paham ilmu dasar musik untuk pembuatan jingle.

2. Staff Purchasing

Persyaratan:

  • Pengalaman 1 tahun di bidangnya.
  • Pendidikan min Diploma 3 atau Sarjana semua jurusan.
  • Memahami penggunaan mesin produksi.
  • Bermotivasi tinggi.

3. Kepala produksi

Persyaratan:

  • Berpengalaman sebagai kepala produksi minimal 3 tahun (Bidang manufaktur makanan ringan menjadi poin plus).
  • Pria atau wanita.
  • Usia maksimal 37 tahun.
  • Pendidikan terakhir minimal S1 atau S2 jurusan teknik.
  • Menguasai semua aplikasi Microsoft Office.
  • Penempatan di kantor pusat Sidoarjo, Jawa Tengah.
  • Memiliki jiwa leadership serta cekatan dalam menangani masalah.
  • Bersedia bekerja menggunakan sistem shift.

4. Admin Personalia

Persyaratan:

  • Berpengalaman minimal 1 tahun sebagai admin personalia.
  • Wanita.
  • Usia maksimal 30 tahun, minimal 20 tahun.
  • Pendidikan minimal S1 semua jurusan.
  • Menguasi Microsoft Office (Excel diutamakan).
  • Tanggung jawab, teliti, serta cekatan.
  • Penempatan di kantor pusat Sidoarjo, Jawa Tengah.

5. Export Sales Supervisor

Persyaratan:

  • Pria atau wanita.
  • Usia maksimal 35 tahun, minimal 25 tahun.
  • Pendidikan minimal S1 jurusan Sastra Inggris, Manajemen, Teknologi Hasil Pangan, Teknik Industri, atau Teknik Kimia.
  • Berpengalaman sebagai sales SPV eskpor minimal 2 tahun (Perusahaan FMCG diutamakan).
  • Menguasai Microsoft Office.
  • Fasih berbahasa Inggris verbal & nonverbal.
  • Punya kemampuan negosiasi & koordinasi baik.

6. Auditor Produksi

Persyaratan:

  • Berpengalaman min 1 tahun di bidang sama.
  • Pria.
  • Usia minimal 25 tahun, maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan minimal S1 semua jurusan.
  • Responsif, tegas, berani, proaktif, & teliti dalam bekerja.

7. Head Quality Control

Persyaratan:

  • Pria atau wanita.
  • Minimal pendidikan D3 jurusan Teknik Industri, Teknologi Pangan, Kimia, atau Teknologi Hasil Perikanan.
  • Berpengalaman minimal 2 tahun di bidang SPV manufaktur makanan.
  • Menguasai proses produksi sesuai dengan SOP.
  • Berjiwa pemimpin, teliti, tegas, serta disiplin.
  • Memahamj teknis reporting & monitoring control mumpuni.

8. Accounting dan Tax

Persyaratan:

  • Pria atau wanita.
  • Usia maksimal 26 tahun, minimal 23 tahun.
  • Pendidikan D3 atau S1 jurusan Perpajakan atau Akuntansi.
  • Teliti dalam bekerja.

9. Audit Market Supervisor

Persyaratan:

  • Pria.
  • Usia maksimal 28 tahun, minimal 25 tahun.
  • Mampu melakukan survei langsung di lapangan.
  • Berpengalaman sebagai salesman & surveyor.

10. Marketing Export

Persyaratan:

  • Pria atau wanita.
  • Berpengalaman minimal 1 tahun di bidang relevan.
  • Pendidikan minimal D3 atau S1 Bisnis Internasional atau Manajemen Pemasaran.
  • Menguasai analisis peluang pasar.
  • Mahir berbahasa Inggris aktif & pasif.
  • Memiliki kemampuan analisis tinggi dan jiwa problem solving kuat.

Berkas Melamar Kerja Di PT Siantar TOP

Berkas yang Dibutuhkan
source: majoo.id

Cara melamar kerja di PT Siantar TOP untuk fresh graduate yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan berkas. Berkas ini akan menjadi hal paling penting sebagai penentu apakah pelamar layak untuk diterima atau tidak.

Salah satu berkas terpenting adalah CV. Berkas ini menjadi gerbang utama dari seluruh proses lamaran berlangsung.

Sebab, biasanya pihak HRD akan melakukan screening pelamar melalui CV, jika CV bagus maka  akan lolos ke tahap selanjutnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki CV berbobot di mana bisa menjadi pertimbangan bagi HRD.

Selain CV, ada beberapa berkas lain yang juga perlu dipersiapkan. Berikut beberapa contohnya..

  • CV
  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • KTP
  • Portofolio
  • SKCK
  • Surat keterangan sehat
  • Sertifikat pendukung

Cara Melamar Kerja Di PT Siantar TOP

Cara Melamar Kerja
source: money.kompas.com

Setelah mengetahui serta menyiapkan berkas lamaran, kami akan beritahu cara melamar di PT Siantar TOP. Cara ini terbukti manjur langsung diterima di perusahaan tersebut. Berikut untuk cara mudahya:

1. Cari Info Lowongan di Media Sosial Resmi atau Website

Informasi lowongan pekerjaan PT Siantar Top tersedia serta dapat diakses melalui website https://siantartop.karir.com/. Namun, kamu juga bisa mengunjungi akun Instagram milik HR PT Siantar TOP (@hrdsiantartop).

2. Persiapkan CV

Cara melamar kerja di PT Siantar TOP Indonesia langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan CV. Pastikan kamu menggunakan format CV ATS friendly agar lolos tahap screening awal.

CV dapat berisi data diri singkat, riwayat pendidikan terakhir, serta keahlian yang dimiliki. Sematkan juga pas foto terbaru di bagian atas CV sebagai identitas.

3. Scan Berkas yang Dibutuhkan

Jika sudah, scan berkas apa saja yang diperlukan untuk melamar. Pastikan berkas yang dimasukkan hanya berkas yang tercantum di persyaratan saja.

4. Kirim Via Email

Jika melamar pekerjaan secara manual, kamu dapat mengirimkannya via email HR PT Siantar TOP (hr.recruitment@siantartop.co.id). Pastikan subjek email dimasukkan sesuai dengan format yang sudah ditentukan di poster.

Namun, jika melamar melalui website resmi, cukup klik apply saja. Kemudian kamu akan diarahkan untuk mengisi form sesuai dengan prosedur.

Kemudian tunggu hingga ada balasan dalam jangka waktu kurang lebih 30 hari. Biasanya, HR perusahaan akan menghubungi via email atau nomor telepon.

Gaji dan Fasilitas Kerja PT Siantar TOP

Selain ingin mengetahui cara melamar kerja di PT Siantar TOP Tbk, kamu juga pasti ingin tahu berapa besar gaji minimal yang berlaku. Untuk fresh graduate, gaji minimal sudah ditetapkan sesuai dengan UMR kantor penempatan.

Namun, jika bekerja di kantor pusat, gaji pokok minimal akan diterima berada di angka 3,5 juta rupiah. Sedangkan untuk jabatan posisinya tinggi, gajinya bisa mencapai angka 24 juta rupiah.

Gaji tersebut masih berupa gaji pokok saja, belum termasuk tunjangan dan bonus lainnya. Berikut beberapa bonus serta fasilitas yang ditawarkan oleh PT Siantar TOP.

  • Bonus akhir tahun
  • Kendaraan operasional (jabatan tertentu)
  • Uang makan & transport
  • BPJS Kesehatan
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • THR
  • Jenjang karir
  • Bonus lain

Kesimpulan

Melamar kerja di perusahaan level nasional seperti PT Siantar TOP memang keinginan sebagian besar orang. Namun, untuk dapat bekerja di perusahaan ini tidak semudah yang dibayangkan.

Ikuti cara melamar kerja di PT Siantar TOP yang sudah dijelaskan di atas. Ikuti setiap tipsnya dan pastikan melamar di posisi sesuai dengan kualifikasi diri kamu.

Bagikan:

Photo of author

Gunawan

Lulus S2 Bahasa Indonesia yang kini aktif mengajar sebagai dosen dan menulis berbagai informasi pendidikan serta profesi di website Nesaelearning.id.