Baru-baru ini, tidak sedikit orang yang berburu informasi mengenai cara melamar kerja di Lotte Mart. Hal ini dikarenakan, salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia tersebut hadir dengan menawarkan peluang pekerjaan yang menjanjikan bagi orang – orang yang berminat bergabung di dalamnya.
Namun yang menjadi pertanyaan di sini adalah, bagaimanakah tips agar calon pelamar atau bahkan mungkin kamu yang ingin melamar kerja bisa diterima bekerja di Lotte Mart tersebut? Untuk informasi lengkap mengenai berkas, cara melamar serta kisaran gaji di Lotte Mart, bisa kamu simak di ulasan penting berikut ini.
Daftar Isi
Sekilas Tentang Lotte Mart
Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan tadi, bahwa Lotte Mart dikenal sebagai salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia yang berpusat di Negeri Ginseng, Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1999, perusahaan retail ini merupakan bagian dari jaringan perusahaan Lotte Group dan memiliki lebih dari 100 gerai di seluruh Indonesia.
Lebih lanjut, Lotte Mart sendiri juga menjual aneka macam produk kebutuhan masyarakat sehari-hari dari mulai bahan makanan segar, kosmetik, pakaian, perabotan rumah tangga sampai dengan elektronik sekalipun. Bahkan, perusahaan retail satu ini juga turut menawarkan aneka produk khas Korea seperti makanan serta kosmetik.
Sehingga tidak mengherankan, jika produk-produk yang ditawarkan Lotte Mart banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, kita bisa menemukan gerai dari Lotte Mart dengan mudah, lantaran memang lokasinya yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, hingga Medan.
Berkas-berkas yang Harus Dipersiapkan
Rata-rata, hampir sebagian besar lulusan SMA / SMK dan juga perguruan tinggi berharap bisa bekerja di perusahaan Lotte Mart. Alasan utama yang membuat mereka tertarik bekerja di perusahaan retail tersebut, yakni karena menawarkan gaji yang lumayan tinggi di dalamnya.
Oleh karena itulah, bagi kamu di rumah yang berencana mendaftarkan diri di perusahaan Lotte Mart, sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu seputar berkas-berkas lamaran kerja sampai dengan cara melamar kerja di Lotte Mart. Pada dasarnya, berkas-berkas lamaran kerja yang harus kamu persiapkan dengan baik ketika akan melamar kerja di Lotte Mart terbilang hampir sama ketika mendaftarkan diri di perusahaan lain, di antaranya yakni sebagai berikut.
- Surat Lamaran Kerja
- Curriculum Vitae (CV)
- Fotokopi Ijazah
- Fotokopi KTP & Kartu Keluarga
- Lampiran Pas Foto Terbaru
- Lampiran Surat Kuning dari Pihak Disnaker
- Sertifikat / Piagam Penghargaan yang Dimiliki
- Lampiran Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
- Fotokopi Surat Pengalaman Kerja yang Dimiliki
- Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter
- Lampiran Formulir dari Lotte Mart
Syarat dan Cara Melamar Kerja Di Lotte Mart
Bukan hanya mengenai berkas lamaran kerja saja, akan tetapi kamu juga harus tahu mengenai syarat dan tata cara melamar kerja di Lotte Mart tersebut. Sebab tanpa tahu syarat dan cara melamar kerja di perusahaan tersebut, dipastikan kamu akan kesulitan untuk melakukan pendaftaran kerja nantinya.
Mengenai syarat dan tata cara melamar kerja di Lotte Mart, umumnya dikatakan hampir mirip ketika kamu melamar pekerjaan di perusahaan lain. Agar lebih paham mengenai syarat serta tips melamar kerja di Lotte Mart, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.
Syarat Melamar Kerja Di Lotte Mart
Beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi ketika akan mendaftarkan diri di perusahaan Lotte Mart, di antaranya yakni sebagai berikut :
- Calon pelamar kerja tidak memiliki tindik dan tato di tubuh.
- Tinggi badan calon pelamar kerja diharuskan di atas 155 cm, berlaku untuk calon pelamar kerja pria maupun wanita.
- Calon pelamar kerja tidak memiliki riwayat gangguan buta warna.
- Tubuh dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan hasil medical check up dari dokter terkait.
- Mampu bekerja dengan jujur, ulet, juga tekun.
- Bisa bekerja di Lotte Mart secara individu maupun tim.
- Bersedia untuk bekerja dengan sistem shift sesuai aturan dari perusahaan Lotte Mart.
- Melampirkan beberapa dokumen penting seperti halnya fotokopi KTP, ijazah, SKCK, pas foto terbaru dan lain-lain.
- Bagi calon pelamar yang mampu menguasai Bahasa Inggris, maka akan menjadi nilai plus tersendiri dari Lotte Mart.
- Bersedia untuk ditempatkan di berbagai lokasi Lotte Mart yang ditetapkan oleh perusahaan.
- Cara melamar kerja di Lotte Mart
Jika sudah memenuhi semua berkas lamaran serta persyaratan yang diperlukan, maka kamuhanya tinggal melamar kerja saja di perusahaan Lotte Mart tersebut. Adapun mengenai tata cara melamar kerja di perusahaan Lotte Mart sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah, caranya yakni tinggal mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini.
- Cara melamar kerja di Lotte Mart yang perlu kamu lakukan pertama kali, yakni cukup dengan mengunjungi situs website resmi Lotte Mart di https://www.lotte.co.id.career.
- Langkah berikutnya, silakan kamu pilih lowongan kerja yang memang sesuai dengan keinginan kamu di Lotte Mart tersebut.
- Sebagai contoh jika kamu ingin melamar pekerjaan sebagai staf di Lotte Mart, maka tinggal klik saja opsi “Staf” untuk memulai melamar pekerjaan.
- Selanjutnya, kamuhanya perlu mengisikan formulir data diri lengkap mulai dari nama lengkap, alamat, nomor KTP dan informasi identitas lainnya yang diperlukan.
- Terakhir, tinggal klik saja lamaran kerja untuk memproses lamaran kerja di Lotte Mart tersebut.
Kisaran Gaji Di Lotte Mart
Sebelum kamu benar – benar mendaftarkan diri di perusahaan Lotte Mart, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui berapa kisaran gaji yang diberikan di dalamnya. Menurut informasi yang ada, kisaran gaji karyawan di Lotte Mart yakni mulai dari Rp 4 juta sampai dengan Rp 24 juta per bulannya.
Gaji yang diberikan perusahaan Lotte Mart kepada karyawan ini merupakan gaji pokok, belum termasuk tunjangan dan sarana kerja lain di dalamnya. Adapun besarnya gaji yang diberikan Lotte Mart sendiri, biasanya tergantung pada posisi / jabatan dan lamanya karyawan bekerja di perusahaan tersebut.
Agar supaya kamu tidak semakin penasaran dan lebih yakin untuk mendaftarkan diri bekerja di Lotte Mart, maka berikut ini fasilitas dan tunjangan yang diberikan Lotte Mart kepada setiap karyawannya.
- BPJS khusus Kesehatan dan BPJS khusus Ketenagakerjaan.
- Proses medical check up rutin, biasanya diselenggarakan setiap tahun sekali.
- Uang makan karyawan.
- Uang transportasi karyawan.
- Fasilitas mobil / bus jemputan untuk karyawan.
- Dana insentif kehadiran karyawan.
- THR (Tunjangan Hari Raya) bagi karyawan.
- Bonus karyawan setiap akhir tahun.
Kesimpulan
Setelah melihat informasi di atas, tentunya kamu tertarik untuk mendaftarkan diri agar kerja di perusahaan Lotte Mart, bukan? Dalam proses melamar kerja, pastikan kamu sudah tahu bagaimana tata cara melamar kerja di Lotte Mart lengkap dengan syarat dan berkas-berkas lamaran yang harus dipersiapkan di dalamnya.